JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 6 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di PAUD

Krisnasari, Shita (Unknown)
Suhermah, Dede (Unknown)
Latifah, Ifat (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Tujuan nasional pendidikan di masa ini adalah untuk membentuk profil pelajar Pancasila dan dalam upaya untuk mencapai tujuan nasional tersebut ada capaian perkembangan yang harus dicapai oleh peserta didik. Salah satunya adalah dimilikinya kemampuan literasi dan numerasi. Peserta didik diharapkan bukan hanya bisa membaca, tahu angka atau berhitung, namun lebih penting adalah adanya pemahaman juga rasa cinta akan literasi itu sendiri, serta kemampuan untuk terbiasa berpikir kritis, kreatif dan mampu berkolaborasi dengan orang lain. Pembelajaran literasi dan numerasi di Paud bukan hanya bisa diajarkan dengan cara konvensional, namun juga dapat dengan memanfaatkan media digital seperti quizizz. Alternatif media ini bisa menjadi sarana untuk menciptakan pembelajaran Paud yang menyenangkan dan dalam suasana bermain. Sekalipun dalam praktek dan pengoperasiannya kadang membutuhkan bantuan atau peran orangtua, namun karena kemudahan yang ada dalam aplikasi ini, maka bukanlah hal yang sukar untuk anak usia dini dapat memanfaatkannya. Metode penelitian deskriptif dengan studi literatur dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data-data deskriptif yaitu mengumpulkan kata demi kata untuk diteliti dan ditelaah dari berbagai literatur dan informasi tulisan untuk menjawab pemanfaatan aplikasi quizizz dalam pembelajaran literasi dan numerasi di Paud.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...