Journal Evaluation in Education (JEE)
Vol 3 No 2 (2022): April

Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi

Auliya Ramadhanti (Jambi University)
Kholilah Kholilah (Unknown)
Riska Fitriani (Unknown)
Endah Febri Setiya Rini (Universitas Jambi)
Maharani Rizky Pratiwi (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi belajar siswa kelas X MIPA di SMA N 1 Kota Jambi pada mata pelajaran fisika; (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MIPA di SMA N 1 Kota Jambi ; dan (3) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar fisika kelas X MIPA di SMA N 1 Kota Jambi. Metodologi: Metode penelitian ini adalah Mix Methods untuk mencari hasil deskriptif kemudian dilanjutkan dengan uji korelasi sederhana. Sampel dari penelitian ini adalah 57 siswa kelas X MIPA di SMA N 1 Kota Jambi. Temuan utama: Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 98.5063; (2) hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 70.1754; dan (3) terdapat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan nilai korelasi sebesar 0.977 yang masuk dalam kategori cukup kuat.. Keterbaruan penelitian: Penelitian ini memperkuat adanya hubungan antara motivasi terhadap hasil belajar, terkhusus pada pelajaran Fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JEE publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern to education today. JEE discusses scientific research on ...