Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 9 No. 1 (2020): Juni

Error Analysis of Word Order Well-Formed in written English sentences made by Third Year English Students of Universitas Pasifik Morotai

Balqis Husain (Universitas Pasifik Morotai)
Folken Smith Tawaluyan (Universitas Pasifik Morotai)
Megawati Basri (Universitas Pasifik Morotai)
Fahmi Djaguna (Universitas Pasifik Morotai)
Ibrahim Ibrahim (universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian in dilakukan untuk mengetahui kesalahan urutan kata dan faktor-faktor kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa bahasa Inggris tahun ketiga Universitas Pasifik Morotai. Metode analisa deskripsi di gunakan dalam teknik analisis data. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris tahun ke-tiga di Universitas Pasifik Morotai. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa jurusan Bahasa Inggris tahun ke-tiga Universitas Pasifik Morotai melakukan kesalahan tatabahasa dalam urutan kata determiner, ordinative, epithet, classifier, dan head (DOECH). Kesalahan yang sering dilakukan dari salah penempatan untuk DOECH adalah kesalahan ephitet dari semua jawaban dari responden yaitu 25. Di posisi ke-dua yaitu ordinativr dengan jumlah salah penempatan yaitu 12, kemudian di ikuti oleh determiner, classifier, dan head dengan jumlah salah penempatan masing-masing sebesar 10. Selain itu, eror pada kata kerja mencapai posisi tertinggi dengan jumlah error sebesar 28.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...