Metodik Didaktik
Vol 18, No 1 (2022): Metodik Didaktik Juli 2022

PEMBUATAN BIG BOOK DIGITAL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PADA ANAK

Taufik Ridwan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Afika Afika (Unknown)
Endang Hidayat (Unknown)
Diky Zakaria (Unknown)
Geralda L. Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Kemampuan membaca dan menulis merupakan salah satu literasi dasar yang perlu dikuasai setiap orang. Pasca mulai diberlakukan pembelajaran tatap muka di sekolah dasar setelah dilakukan pembelajaran dalam jaringan di masa pandemic tentu menjadi tantangan tersendiri. Penggunaan media pembelajaran berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menjadi pilihan. Salah satunya adalah big book dalam bentuk digital. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebutuhan big book digital berbahasa Indonesia; (2) Mendesain big book digital berbahasa indonesia untuk pembelajaran di Sekolah Dasar menggunakan pendekatan design thinking. Metode penelitian yang digunakan metode Research and Development dengan pendekatan design thinking. Hasil penelitian adalah (1) Dibutuhkan dua pendekatan yakni sisi konten dan sisi teknologi informasi dalam membangun big book digital; (2) tahapan pembuatan big book digital menggunakan metode design thinking adalah Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test.

Copyrights © 2022