Proses pembelajaran prosedur klinik di pendidikan kesehatan adalah hal yang paling krusial danharus mendapat perhatian yang sangat penting dan solusi yang untuk mengatasinya di masaPandemi ini agar tetap berjalan efektif dan berkelanjutan. Salah satunya adalah tetap melakukankegiatan pembelajaran prosedur klinik secara Daring. Metode Daring yang dilakukan adalah metodeceramah dan pemutaran video pada suatu keterampilan klinik tertentu. Jenis penelitian ini adalahpenelitian Kuantitatif, dengan pendekatan Analitik deskriptif. Desain dalam penelitian ini adalahCross Sectional, dimana data variabel dependen dan independen didapatkan dalam satu periodewaktu. Sampel sebanyak 75 mahasiswa tingkat 2 yang mengikuti pembelajaran Mata kuliahKeperawatan Maternitas 1 (Satu).Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa metode pembelajaran pada tahap 1 ini dapat meningkatkanpengetahuan sebesar 70,6 %, meningkatkan skills mahasiswa 14,7 % dan meningkatkan attitudemahasiswa 14,7 %. Hasil evaluasi pembelajaran klinik tahap 1 pada mata kuliah keperawatanmaternitas 1 (satu) dengan menonton video dan penjelasan dari dosen masih kurang efektif 61,7 %,efektif 28% dan tidak efektif 10,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dinilai bahwa metodepembelajaran pada tahap 2 dapat meningkatkan pengetahuan sebesar 14,7 %, meningkatkan skillsmahasiswa 70,6 % dan meningkatkan attitude mahasiswa 14,7 %. Berdasarkan hasil penelitian inijuga dinilai bahwa metode pembelajaran pada tahap 2 ini dapat meningkatkan pengetahuan sebesar36%, meningkatkan skills mahasiswa 20,7% dan meningkatkan attitude mahasiswa 37,3%.Berdasarkan hasil penelitian ini juga dinilai bahwa metode pembelajaran pada semua tahapan inidapat meningkatkan pengetahuan sebesar 40%, meningkatkan skills mahasiswa 40% danmeningkatkan attitude mahasiswa 20%.Hasil evaluasi masih banyak pada penilaian kurang efektif, maka memungkinkan untuk dilakukanpembelajaran metode Blended Learning yaitu gabungan antara metode daring dan luring. Hasilevaluasi akhir bahwa 3 tahapan metode ini dapat meningkatkan pengetahuan dan skills secaraberimbang yaitu 40% dan 20% meningkatkan attitude mahasiswa, maka metode ini dapat menjadipilihan alternatif yang baik dilakukan atau dengan memodifikasi dengan teknik luring pada bagianpenjelasan materi awal, dan selanjutnya tetap bisa menggunakan teknik daring. Rekomendasi untukpenelitian selanjutnya adalah modifikasi dari berbagai metode pembelajaran khususnya keterampilanklinik.Keyword : Penerapan pembelajaran secara daring, Keterampilan Pre Klinik,Keperawatan Maternitas
Copyrights © 2022