Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 6 No 3 (2022): Volume 6, Nomor 3, Juli 2022

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Geografi pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Perdagangan Antarwilayah dan Antarnegara

Suciawati Khusnul Khotimah (UNESA)
Ketut Prasetyo (Universitas Negeri Surabaya)
Sukma Perdana Prasetya (Universitas Negeri Surabaya)
Nasution Nasution (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan dalam peningkatan kemampuan literasi geografi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran discovery learning; serta adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan literasi geografi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model quasi experimental (eksperimen quasi). Berdasarkan hasil N-Gain di atas, diketahui bahwa peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi Sedangkan peserta didik kelas kontrol memiliki N-gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning memiliki pengaruh dan efektivitas yang lebih baik daripada penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan literasi geografi peserta didik dalam materi kegiatan perdagangan antardaerah dan antarnegara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...