Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

An Analysis of Students’ Grammatical Errors in Writing Descriptive and Procedure Text at Eighth Grade of SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan

Trisnawaty Hutahaean (Universitas HKBP Nommensen)
Marry Happy Haloho (Universitas HKBP Nommensen)
Lidia Erika Situmorang (Universitas HKBP Nommensen)
Christina Natalina Saragi (Universitas HKBP Nommensen)
Usman Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2022

Abstract

Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis teks deskriptif dan teks prosedur. Data diambil dari tes menulis siswa pada teks deskriptif dan prosedur dan dilakukan. Tes menulis digunakan untuk mengukur tingkat belajar menulis setiap siswa dan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa. Pesertanya adalah 15 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Dari hasil tes menulis yang dilakukan siswa, dalam teks deskriptif, penulis menemukan 129 kesalahan dalam data menunjukkan bahwa terdapat 71 kesalahan kategori omission, 22 kesalahan kategori penambahan, 23 kesalahan kategori misformation dan 13 kesalahan kategori misordering. Dalam penulisan teks prosedur, penulis menemukan 92 yang terdiri dari 29 kesalahan kategori penghilangan, 47 kesalahan kategori penambahan, 2 kesalahan kategori kesalahan pembentukan dan kesalahan kategori kesalahan susunan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...