Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotapinang

Dina Martha Angelia (Universitas HKBP Nommensen)
Yuli Efriyanti Br Damanik (Universitas HKBP Nommensen)
Johandri Situmorang (Universitas HKBP Nommensen)
Bangun Munte (Universitas HKBP Nommensen)
Jojor Silalahi (Universitas HKBP Nommensen)
Imelda Butarbutar (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterikatan antara peranan guru pendidikan agama kristen dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi saat orang. Untuk mengetahui sejauh mana peranan guru pendidikan agama kristen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran online bagi siswa, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Person. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,45 dengan uji determinasi sebesar 20,25% dan untuk mengetahui signifikasi tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (?)=0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk= n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari Hasil pengujian diperoleh > (2,81>1,69) maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterikatan yang berarti antara peranan guru pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran online bagi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...