Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 2 (2022): September 2022

Peran Motivasi Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di Belitung Timur

Iwan Henri Kusnadi (Universitas Subang)
Aep Saefullah (STIE Ganesha)
Diah Afrianti Rahayu (Institut Pendidikan dan Bahasa Inavada Cirebon)
Wheny Khristianto (Universitas Jember)
Hendy Tannady (Universitas Multimedia Nusantara)
Primadi Candra Susanto (ITL Trisakti)
Magdalena Magdalena (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
Yohanes Totok Suyoto (Universitas Pembangunan Jaya)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan digital marketing dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan unit analisis Paguyuban UMKM Jasijuka Sejahtera, dengan populasi sebanyak 32 orang. Metode sampling yang digunakan adalah Non-Probability sampling dengan jenis sampel jenuh, sampling dengan jumlah sebanyak 32 responden, dengan teknik pengumoulan data adalah kuesioner. Metode pengolahand ata menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan pelatihan digital marketing terhadap kinerja, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap kinerja dan secara simultan pelatihan digital marketing dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja.Kata Kunci: Pelatihan Digital Marketing, Motivasi Ekstrinsik, Kinerja, Usaha Mikro Kecil &Menengah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...