Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 13 No 01 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DI SEKOLAH DASAR

Fitri Siti Sundari (Unknown)
Nurlinda Safitri (Universitas Pakuan)
Yufiarti (Universitas Negeri Jakarta)
Asep Supena (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
18 May 2022

Abstract

Pembelajaran harus mampu mengakomodir berbagai potensi yang ada pada siswa. Oleh karena itu guru harus mampu menggunakan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligence. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai strategi pembelajaran yang berbasis multiple intellegence di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode literatur review. Ada 31 artikel yang direview. Artikel tersebut diperoleh dari hasil penelusuran melalui google schoolar. Artikel yang dianalisis adalah artikel yang memiliki kata kunci strategi pembelajaran berbasis multiple intelligence. Hasil peelitian menunjukkan ada 14 (empat belas) strategi pembelajaran berbasis multiple intelligence yang paling sering digunakan oleh guru di sekolah dasar yaitu strategi diskusi, action research, klasifikasi, analogi, identifikasi, sosiodrama, penokohan, flashcard, gambar visual, wayang, applied learning, movie learning, environment learning, dan service learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...