Journal of Social Empowerment
Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment

Penerapan Pengembangan Diri Siswa di Sekolah Dasar Melalui Pembuatan Batik

Vit Ardhyantama (STKIP PGRI Pacitan)
Lina Erviana (Unknown)
Wisnu Dwi Prabowo (Unknown)
Siti Anisah (Unknown)
Mega Isvandiana Purnamasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Pendidikan adalah upaya mengarahkan pengembangan kepribadian manusia sesuai hakikatnya agar menjadi insan kamil dalam rangka mencapai tujuan akhir kehidupannya. Kegiatan pengembangan diri pada anak usia Sekolah Dasar harus senantiasa berorientasi pada kebutuhan anak. Tujuan pelaksanaan abdimas ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan diri siswa Sekolah Dasar melalui kegiatan membatik dan aspek pengembangan diri apa yang muncul dalam proses membatik. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Yakni metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara tringulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Pengembangan diri siswa di Sekolah Dasar melalui kegiatan membatik menggunakan Ecoprint mampu mengembangkan kerjasama dan kemampuan motorik halus siswa. Aspek pengembangan diri yang muncul dalam proses membatik menggunakan Ecoprint yakni kreativitas.

Copyrights © 2022