JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
Vol 8, No 3 (2022)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEBERHARGAAN DIRI PADA MAHASISWA

Devi Ratnasari (Universitas Indraprasta PGRI)
Maria Oktasari (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Ahman Ahman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ipah Saripah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keberhargaan diri pada mahasiswa. Penelitian menggunakan metode pengembangan instrumen. Pengumpulan data dilakukan melalui angket keberhargaan diri pada mahasiswa. Hasil uji lapangan instrumen keberhargaan diri dianalisis menggunakan model pengukuran RASCH dan software Winstep. Berdasarkan hasil Uji Item Fit Order diketahui bahwa dari 58 item terdapat 7 item yang tidak fit/ valid. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 51 item yang valid. Hasil Uji Reliabilitas Item dan Person berada dalam rentang ideal (+0.5 logit s/d +1.5 logit) yaitu sebesar 0.94 dan 0.88 yang berada pada kategori sangat baik dan memenuhi syarat pengukuran. Hasil analisis sebaran item atau item map keberhargaan diri didapatkan data bahwa item no P9  merupakan item yang paling sulit untuk diberikan persetujuan, sedangkan item dengan tingkat kesulitan terendah adalah item P20. Selain itu, hasil Uji Unidimensionality menunjukkan bahwa analisis varians sebesar 6.2% telah memenuhi kriteria yaitu tidak >15%, hal tersebut menjelaskan bahwa terpenuhinya kondisi ideal untuk dilaksanakannya pengukuran. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaan instrumen keberhargaan diri di kalangan mahasiswa, yang selanjutnya dapat dilanjutkan dengan perumusan model bimbingan dan konseling yang tepat dalam meningkatkan keberhargaan diri pada mahasiswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AN-NUR

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...