JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya
Vol 7, No 1 (2022): Juni

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROGRAM LINEAR

Wahyudi Wahyudi (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Sumaji Sumaji (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Intan Sari Rufiana (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Sabekti Trinuryono (SMAN 1 Babadan Ponorogo)
Nurul Hidayati (SMAN 1 Babadan Ponorogo)
Muji Herini (SMAN 1 Babadan Ponorogo)
Sumarno Sumarno (SMAN 1 Babadan Ponorogo)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada materi program linear dengan mengimplemtasikan model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 5 yang mengambil matakuliah Riset Operasi tahun akademik 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Universitas Muhammadiyah Kupang sebanyak 17 orang. Data penelitian ini berupa soal tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning.  Beberapa yang perlu diperhatikan dalam penerapan model pembelajaran discovery learning ini adalah perangkat pembelajaran (student worksheet) yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang mendukung, dan alokasi waktu yang disedikan dalam setiap pembelajaran. Selain itu, peran guru dalam pembelajaran ini hanya sebagai fasilitator dan memberikan bantuan/bimbingan pada siswa yang memerlukan. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran akan lebih optimal dan siswa memiliki pengalaman belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

silogisme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, adalah sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Ponorogo. ...