JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 8, No 1 (2022)

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Berbantu Software Construct 2

Rizki Armanto (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Netriwati Netriwati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Riyama Ambarwati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa game edukasi berbasis android berbantu software construct 2 pada materi peluang yang digunakan pada  peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelititian yang digunakan adalah RD  (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) analysis (Analisis), meliputi: analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan analisis kurikulum, (2) design (Perencanaan), meliputi : pembuatan prototipe, menentukan materi, membuat instrumen, (3) development (Pengembangan), meliputi : pengembangan produk, validasi ahli materi, dan ahli media, (4) implementation (Implementasi), meliputi : uji coba media pada peserta didik, memberikan angket respon, (5) evaluation (Evaluasi). Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran matematika tingkat SMP dengan software Construct 2 berbasis android memperoleh nilai dari ahli materi  yaitu persentase rata-rata sebesar 89% dengan kriteria “sangat layak ,dan ahli media 75% dengan kriteria “layak”. Adapun hasil penelitian respon peserta didik di SMP Amal Bakti dengan uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 88% dengan kriteria “sangat menarik” dan uji coba kelompok besar mendapatkan persentse 95% dengan kriteria “sangat menarik”. Sedangkan uji coba di SMP Negeri 3 Jati Agung pada kelompok kecil mendapatkan persentase 90% dengan kriteria “sangat menarik”, dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan persentase 89% dengan kriteria “sangat menarik” sehingga produk yang dikembangkan bisa dikategorikan sangat layak dan sudah memenuhi kualifikasi valid untuk digunakan dalam melakukan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Construct 2, Game Edukasi, Android, Media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...