Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu

Murnihati Sarumaha (Universitas Nias Raya)
Darmawan Harefa (Universitas Nias Raya)
Yan Piter Basman Ziraluo (Universitas Nias Raya)
Amaano Fau (Universitas Nias Raya)
Yohanna Theresia Venty Fau (Universitas Nias Raya)
Adam Smith Bago (Universitas Nias Raya)
Tatema Telambanua (Universitas Nias Raya)
Fatolosa Hulu (Universitas Nias Raya)
Kaminudin Telaumbanua (Universitas Nias Raya)
Indah Permata Sari Lase (Universitas Nias Raya)
Baziduhu Laia (Universitas Nias Raya)
Lies Dian Marsa Ndraha (Universitas Nias Raya)
Andrian Novialdi (Universitas Nias Raya)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran artikulasi berpengaruh penggunaanya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Toma yang berjumlah 116 orang. Sampel penelitian adalah kelas IX-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 orang dan kelas IX-C sebagai kelas kontrol berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yaitu tes awal dan tes akhir. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilaksanakan, maka ada beberapa yang menjadi kesimpulan yaitu (1) berdasarkan perhitungan nilai rata-rata tes awal pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 42.93 sedangkan kelas kontrol sebesar 54.26. (2) berdasarkan perhitungan nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 66.04 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 45.66. (3) berdasarkan perhitungan uji hipotesis thitung = 8,228 dan ttabel = 1.671, sehingga thitung > ttabel yaitu 8,228 > 1.671. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 1 Toma.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...