QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 2 (2022): Oktober 2022

ANALISIS KEMAMPUAN TPCK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) PADA GURU BIOLOGI SMA/MA SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Linta Annisa Nurul Aini (Universitas borneo tarakan)
Fitri Wijarini (Universitas Borneo Tarakan)
Aidil Adhani (Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan TPCK (Technological Pedagogical  Content Knowledge) pada guru Biologi SMA/MA selama pembelajaran daring di Kota Tarakan. Metode penelitian berupa survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu 8 guru Biologi SMA/MA di Kota Tarakan dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Data diperoleh berdasarkan hasil kuesioner tertutup dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata persentase kemampuan Technological Knowledge (TK) guru Biologi sebesar 57,8%, Pedagogical Knowledge (PK) guru Biologi sebesar 65,6%, dan Content Knowledge (CK) guru Biologi sebesar 67,1%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPCK) guru Biologi SMA/MA selama pembelajaran daring di Kota Tarakan tergolong baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...