AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 4 (2022)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB PADA MATERI SPLDV UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Cut Eka Fitriana (Universitas Riau)
Atma Murni (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikarenakan kurang tersedianya bahan ajar matematika yang melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi kualitas pembelajaran dan pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui pengembangan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Web pada materi SPLDV untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen yang digunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Hasil validasi sebesar 88,30% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan persentase rata-rata 89,74% dengan kategori sangat praktis. Bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Kepraktisan bahan ajar dibuktikan dengan ketertarikan dan kemudahan siswa menggunakan bahan ajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...