Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Metode Cooperative Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Gajah Mada Medan

Junifer Parsaoran Manurung (Universitas HKBP Nommensen)
Salsalina Br Sembiring (Universitas HKBP Nommensen)
Kristiani Girsang (Universitas HKBP Nommensen)
Ardina Br Saragih (Universitas HKBP Nommensen)
Nurliani Siregar (Universitas HKBP Nommensen)
Imelda Butarbutar (Universitas HKBP Nommensen)
Jojor Silalahi (Universitas HKBP Nommensen)
Bangun Munte (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana keterkaitan antara Pengaruh metode cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh metode cooperative learning) dan variabel Y (motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan). Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh metode cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,44 dengan uji determinasi sebesar 19% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata ( = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh > (2,18 > 1,75), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh metode cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...