JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 3, No 1 (2023): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PEMANFAATAN BUKU CERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI TAMAN KANAK-KANAK

anik lestariningrum (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Etty Andyastuti (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Nur Lailiyah (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Intan Prastihastari Wijaya (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Yatmin Yatmin (Universitas Nusanatara PGRI Kediri)
Dwi Yogi Karisma (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Permasalahan yang dihadapi saat pembelajaran nilai-nilai Pancasila ketika harus menggunakan buku cerita yang berbasis kearifan lokal tentu tidak semua buku cerita yang tersedia menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia Taman Kanak-kanak. Perlu strategi pembelajaran yang tepat saat memanfaatkan buku cerita tersebut dalam meningkatkan potensi anak. Pentingnya peningkatan nilai Pancasila sejak usia dini perlu mendapatkan perhatian yang mendasar sebagai pijakan dalam perkembangan karakter anak selanjutnya. Metode penelitian ini di desain sebagai studi kepustakaan dalam mengkaji dan mendeskripsikan beragam sumber hasil penelitian terkait pemanfaatan buku cerita berbasis kearifan lokal yang dapat digunakan dalam pengembangan nilai Pancasila khususnya subjek anak usia TK yaitu 4-6 tahun. Hasil penelitian diharapkan mengetahui sumber referensi mendalam yang dapat digunakan dalam pengembangan selanjutnya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...