Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Teaching Techniques Used to Enhance the Students’ Hortatory Writing Ability at English Department of FKIP Universitas HKBP Nommensen

Christina Natalina Saragi (Universitas HKBP Nommensen)
Lastri Wahyuni Manurung (Universitas HKBP Nommensen)
Winda Josefina Simamora (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi siswa dalam menulis hortatory exp osition lebih tinggi jika mereka diajar dengan menggunakan teknik pengajaran Collaborative Writing dari pada teknik pengajaran Clustering. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris semester lima tahun pelajaran 2021/2022. Subyek penelitian ini adalah 80 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu A dan B. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan teknik pengajaran menulis kolaboratif dan kelompok eksperimen II diberi perlakuan dengan menggunakan teknik pengajaran clustering. Prestasi siswa dalam menulis hortatory exposition diukur dengan menggunakan tes menulis. Dalam mengevaluasi produk siswa, skor analitik oleh Jacob et al dalam Weigel (2002) akan digunakan untuk menilai produk tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa dalam menulis hortatory exposition yang diajar dengan menggunakan teknik pengajaran kolaboratif lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan teknik pengajaran clustering, dengan Fobs= 9,35>Ftab=3,97.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...