Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora (JASIORA)
Vol 2, No 2 (2018): Desember

KEBIJAKAN PIMPINAN PERUSAHAAN DALAM PENGELOLAAN BIRO PERJALANAN HAJI PLUS (Studi Pada Travel Malika Group Cabang Muara Bungo)

Muhammad Nasir (STIA Setih Setio Muara Bungo)
Hasdani Hasdani (STIA Setih Setio Muara Bungo)
Tarjo Tarjo (STIA Setih Setio Muara Bungo)
Poiran Poiran (STIA Setih Setio Muara Bungo)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2018

Abstract

Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan kebijakan pimpinan perusahaan dalam pengelolaan biro perjalanan haji plus pada PT. Goenawan Erawisata Jeddah Tour&Travel Malika Group Cabang Muara Bungo. Populasi penelitian adalah pimpinan dan staf karyawan Travel Malika Group Cabang Muara Bungo, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bungo, dan calon jamaah haji plus. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan, di mana yang dijadikan sampel adalah pihak-pihak yang berkompeten dengan objek penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan menggambarkan bahwa kebijakan pimpinan Travel Malika Group Cabang Muara Bungo mengalami berbagai hambatan yang dihadapi antara lain adanya permasalahan dalam pengurusan visa yang tertunda; kebijakan visa Pemerintah Arab Saudi hampir setiap tahun selalu berubah tanpa ada sosialisasi yang jelas; dan kebijakan dari Pemerintah Indonesia tentang waktu pemberangkatan yang selalu berubah. Upaya-upaya yang dilakukan oleh Travel Malika Group Cabang Muara Bungo antara lain ialah menargetkan waktu pengurusan visa terhadap waktu keberangkatan haji; Mencari Berbagai Informasi tentang kebijakan pemerintah Arab Saudi dalam menetapkan besarnya visa kuota haji; dan memberi penjelasan kepada calon jamaah tentang kebijakan pemerintah Indonesia terhadap waktu pemberangkatan haji.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

admngr

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio sebagai wadah bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian di bidang ilmu sosial. Selain itu jurnal ini juga dapat menjadi wahana tukar pandang dan informasi di ...