Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 6, No 1 (2023): Maret

Pengembangan Medıa Pembelajaran MONUZA Pada Materı IPA Untuk Siswa Kelas IV SD

Ima Rahmawati (IAI SAHID Bogor)
Hana Lestari (IAI Sahid Bogor)
Alma Alamiah Fauziah (IAI SAHID BOGOR)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan  media pembelajaran berbasis permainan edukatif MONUZA (Monopoli Wujud Zat) pada materi “Bagaimana Wujud Benda Berubah?” untuk kelas IV dengan melihat kevalidan dan kelayakan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Setetelah dilakukannya pengujian kelayakan, dapat disimpulkan: (1) hasil rata-rata penilaian kelayakan  ahli materi adalah 91,7% dengan kategori sangat valid, penilaian kelayakan ahli media adalah  95,3% dengan kategori sangat valid; (2) hasil rata-rata penilaian setelah dilakukannya uji coba skala kecil sebesar 84,67% dengan kategori sangat baik atau layak. Berdasarkan hasil kelayakan dapat disimpulkan dari ahli materi dan media sampai di lakukannya uji coba skala kecil bahwa media MONUZA dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran pada materi “Bagaimana Wujud Benda Berubah?” untuk kelas IV.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...