Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Dan Faktor Penyebabnya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas X SMA Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2022/2023

Nove Lastri Situmorang (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Kartini Bangun (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Tigor Sitohang (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Beslina Afriani Siagian (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Pontas Jamaluddin Sitorus (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor penyebab dan bentuk kesulitan belajar berbicara di kelas X SMA YApim Taruna Medan Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X sebanyak 26 orang . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi,kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan dengan kata-kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik terdapat faktor penyebab dan bentuk kesulitan dalam belajar berbicara. Hasil penelitian ini adalah Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara berasal dari faktor motif/motivasi, kebiasaan belajar,sikap mental,Terlalu tidak ingin tau, Minimnya kosa kata yang dimiliki,media pembelajaran, dan hubungan/interaksi antara siswa dan siswa. Faktor yang paling dominan menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah sikap mental. Siswa-siswi kurang percaya diri dalam menyampaikan gagasan yang dimiliki, Siswa merasa takut jika apa yang disampaikan itu salah sehingga membuat siswa memilih diam. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti lain. Guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara hendaknya mampu melakukan diagnosis terhadap faktor penyebab kesulitan belajar siswa dan memiliki pengetahuan yang luas dan pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Guru hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar berkomunikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...