Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 04 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Matriks Berdasarkan Skema Fong

Benny Wahyudi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Syifa Mardliyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nanang Priatna (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi matriks. Jenis penelitian iniadalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK-A dengan pengambilan subjek 16 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis-jenis kesalahan yang muncl saat siswa menyelesaikan soal HOTS berdasarkan skema Fong adalah: (1) Tidak ada solusi (E1), (2) Menggunakan metode yang tidak relevan (E2), (3) Skema tidak lengkap tidak ada kesalahan, (4) Skema tidak lengkap dengan kesalahan, (5) Skema lengkap dengan kesalahan. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah kurangnya kemampuan dalam memahami dan mencermati soal, tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal HOTS, tidak memahami konsep materi matriks dan soal penerapan materi matriks, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, tidak teliti dalam melakukan operasi perhitungan dan tidak mengecek kembali jawaban, tidak paham dengan perhitungan yang digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...