Sewagati
Vol 7 No 1 (2023)

Pembuatan Water Bike untuk Mendukung Wisata Air di Ecowisata Waduk Tempuran Blora

Trika Pitana (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Agoes Santoso (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Suurabaya 60111)
Beny Cahyono (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Suurabaya 60111)
Adhi Iswantoro (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Suurabaya 60111)
Nurhadi Siswantoro (Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Suurabaya 60111)
Dwi Oktavianto Wahyu Nugroho (Departemen Teknik Instrumentasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Suurabaya 60111)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Waduk Tempuran merupakan salah satu waduk yang terletak di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Peran daripada waduk ini sangat penting terutama untuk pengairan lahan pertanian di sekitar wilayah Kecamatan Blora sejak jaman sebelum Indonesia merdeka. Selain itu, manfaat lain dari waduk ini adalah sebagai salah satu wisata andalan di Kabupaten Blora. Dengan anugerah kondisi alam dan geografis yang indah, tentu ini menjadi daya tarik untuk wisatawan. Wisata yang selama ini sudah ada di Waduk Tempuran adalah wisata air seperti perahu naga, perahu dayung kano dan wisata kuliner berupa ikan bakar Waduk Tempuran serta wisata petik buah. Khusus untuk wisata air, masih sangat bisa dikembangkan lagi sehingga lebih menarik, salah satunya adalah dengan adanya sepeda air atau water bike. Dengan adanya sepeda air ini maka akan semakin banyak pilihan wisata air bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Waduk Tempuran. Harapannya pembuatan sepeda air ini menjadi edukasi kepada pengunjung untuk tetap berolahraga dan menjadi pemicu warga sekitar untuk membuat sepeda air dengan desain yang lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...