Jurnal Peduli Masyarakat
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Peduli Masyarakat, Juni 2021

Pelatihan Perseptorship Model Approach di RSUD Taman Husada Bontang

Enok Sureskiarti (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Rusni Masnina (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Moh Afandi (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Fatma Zulaikha (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Taufik Septiawan (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Ni Wayan Wiwin (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Pipit Fitriani (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Muhammad Bachtiar (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Nunung Herlina (Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Pendidikan tinggi keperawatan merupakan pendidikan professional yang dilaksanakan melalui pendidikan akademik dan profesi. Pelaksanaan pembelajaran klinik merupakan pengalaman real bagi mahasiswa keperawatan untuk mempelajari profesionalisme. Sehingga untuk mendukung proses tersebut diperlukan manajemen pengelolaan pendidikan profesi yang komprehensif. Pelatihan perseptorship ini sangat diharapkan mampu untuk mempersempit kesenjangan pembelajaran di akademi dan diklinik. Tujuan Pengabdian masyarakat ini adalah Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu mengaplikasikan dan merancang model bimbingan klinik dengan pendekatan perceptorship. Metode Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah berupa pelatihan yang diadakan selama 3 hari pada tanggal 9-11 Juni 2021. Peserta pelatihan ini adalah sejumlah 30 perawat RSUD Taman Husada Bontang. Dalam Pelatihan ini diadakan Pre dan Post Test terlebih dahulu untuk mengetahui pengetahuan dan Skill dari peserta dalam mengaplikasikan ilmu perseptorship. Pelatihan ini dirancang untuk pembimbing klinik dengan pendekatan preseptorship model Approach baik yang sudah pengalaman ataupun yang belum banyak pengalaman namun memiliki ketertarikan menjadi preseptor klinik yang berkualitas. Dalam pelatihan ini peserta belajar: Memahami kurikulum pendidikan Klinik, Konsep preseptorship model, Merancang kegiatan bimbingan klinik berdasarkan kondisi yang dihadapi, Pembinaan hubungan kooperatif dan kolaboratif antara preseptor dan peserta didik, Ketrampilan memberikan feedback, Menilai kemampuan peserta didik dan memahami tugas dan fungsi preseptor klinik yang professional. Pelatihan disampaikan dalam format kuliah didaktif, role play, dan latihan ketrampilan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Medicine & Pharmacology Other

Description

JURNAL PEDULI MASYARAKAT merupakan jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Global Health Science Group pada volume 1 nomor 1 November 2019 dengan p-ISSN 2715-6524 dan e-ISSN 2721-9747 Jurnal ini menerima manuskrip yang berfokus pada kegiatan yang ada di masyarakat baik dalam bidang ...