Asian Journal of Applied Education
Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022

Praktikalitas Pengembangan Modul PPKn Berbasis Contextual Teaching Learning untuk Siswa Kelas V SDN 101835 Sibolangit

Servista Bukit (Universitas Negeri Medan)
Reh Bungana Br Perangin-angin (Universitas Negeri Medan)
Abdul Murad (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis tingkat praktikalitas modul PPKn berbasis Contextual Teaching Learning. Modul PPKn berbasis CTL adalah bahan ajar mandiri yang dikembangkan berdasarkan komponen-komponen pendekatan kontekstual, yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Pengembangan modul PPKn berbasis CTL dengan model 4D yang oleh Thiagarajan dalam empat tahap: Definition, Design, Development, dan Disseminate. Modul PPKn berbasis CTL diperuntukkan bagi siswa kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan metode analisis. Data dikumpulkan dari hasil angket respon 1 orang guru kelas 5 SDN 101835 Sibolangit dan 25 orang siswa kelas 5 SDN 101835 Sibolangit  terhadap kepraktisan penggunaan modul. Hasil penelitian menunjukkan tingkat  kepraktisan modul PPKn oleh guru 90% kategori sangat Praktis dan kepraktisan oleh  siswa 83,13% kategori Sangat Praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ajae

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Asian Journal of Applied Education (AJAE) is a scholarly, peer-reviewed journal published by Formosa Publisher that provides a platform for unpublished articles on contemporary educational issues. It encourages debate, both theoretical and practical, on a wide range of topics representing various ...