JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Edukasi Nonformal

Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan pada Minat Belajar Peserta didik

Eka Lestari (Unknown)
Annisa Hananiyah (Unknown)
Pitri Ristia Ningsih (Unknown)
Rio Febriyan (Unknown)
Muhammad Irgi Maulana Nasution (Unknown)
Alwi Shihab Syah Harahap (Unknown)
Inom Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Penulisan artikel ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pendidikan pada minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan motode tinjauan literatur (Library Research) dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang menggali obyek penelitiannya berdasarkan beragam informasi yang bersumber dari kepustakaan (ensiklopedi, buku, jurnal ilmiah, majalah, koran dan dokumen). Hasil Penelitian ini yaitu 1) Evaluasi adalah proses pengumpulan data yang harus dilakukan oleh seorang guru guna untuk mengukur dan menilai seberapa efektif kegiatan pembelajaran, 2) Evaluasi pendidikan dapat membantu guru untuk lebih memahami keadaan psikis, minat dan bakat peserta didik, 3) Evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh seorang guru hendaknya memperhatikan tiga aspek (taraf kesukaran, daya pembeda dan pola jawaban soal), dan 4) Terlihat terdapat keterkaitan antara cara guru menumbuhkan minat belajar peserta didik dengan memberikan kesempatan peserta didik untuk mendapat hasil yang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...