JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif

Jasiah Jasiah (IAIN Palangkaraya)
Mardiati Mardiati (STKIP Budidaya Binjai)
Helmi Ali (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)
Nofri Yudi Arifin (Universitas Ibnu Sina)
Villia Anggraini (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Zainol Hasan (Universitas Ibrahimy Situbondo)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan, dapat dilihat bahwa mahasiswa dalam melaksanakan tugas individu, masih ada mahasiswa yang kurang kreatif dalam menyelesaikan masalah. Kurangnya penggunakan aplikasi dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh dosen misalnya pada mata kuiah statistik. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik Untuk megadakan penelitian tentang Pengaruh penggunaan aplikasi geogebra Terhadap ketrampilan berpikir kreatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan aplikasi geogebra Terhadap ketrampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan dengan menerapkan pembelajaran dengan penggunaaan aplikasi geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 1 yang mengontrak mata kuliah statistik dasar. Subjek dalam penelitian ini mahasiswa semester 1A.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal test kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk essay. Peneliti melakukan pretest dan posttest. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, namun sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi.Berdasarkan pretest dan posttes diperoleh nilai rata-rata ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa masing-masing 70,14 dan 81,26. Nilai rata-rata postest lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata ketrampilan berpikir kreatif pretest mahasiswa. Selanjutnya berdasarkan analisis data yang menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikansi (p-value) < atau dengan kata lain 0,000 < 0,05 artinya H1, terdapat Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...