Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Volume 08, Nomor 01, June 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA SISWA KELAS V SD 7 BULUNG KULON

Widya Putri Cahyani (Universitas Muria Kudus)
Khamdun (Universitas Muria Kudus)
Lintang Kironoratri (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Hasil belajar yang rendah disebabkan oleh pengajaran yang masih bersifat sebagai transfer pengetahuan saja daripada proses mencari pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan tidak bermakna. Oleh karena itu, pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat penting, karena tidak semua metode pembelajaran dapat digunakan pada tiap pokok bahasan. POE merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mengeksplorasi pengetahuan awal siswa, serta meninggalkan pemahaman konsep yang nantinya bermuara pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Predict Observe Explain (POE) pada siswa kelas V SD 7 Bulung Kulon. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 17 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Pada prasiklus hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia hasil ketuntasan belajar 41,17% menjadi 76,47% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan perolehan ketuntasan belajar 94,11%. Prasiklus hasil belajar kognitif muatan IPA hasil ketuntasan belajar 35,29% menjadi 70,58% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan perolehan ketuntasan belajar 88,23%. Sedangkan untuk hasil belajar psikomotorik muatan Bahasa Indonesia diperoleh presentase ketuntasan belajar pada siklus I 69,9% menjadi 78,11% pada siklus II. Pada hasil belajar psikomotorik muatan IPA diperoleh presentase ketuntasan belajar pada siklus I 69,41% menjadi 80,00% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...