JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pembinaan Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) PGRI Pulau Salemo Kab. Pangkep

Zul Arsil Majid (3Universitas Muslim Indonesia)
Hasibuddin Mahmud (Universitas Muslim Indonesia)
Akhmad Syahid (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Pendidikan agama mempunyai peran yang sangat strategis dalam hal peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia. Di sisi lain, pendidikan agama khususnya pendidikan agama Islam menemui banyak tantangan dan kritik. Tantangan yang dihadapi dalam Pendidikan Agama Islam adalah bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai yang ada dalam pendidikan agama Islam itu sendiri. Pengajaran agama Islam bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama, tetapi bagaimana mengarahkan peserta didik agar memiliki kualitas iman, taqwa, dan akhlak mulia. penelitian ini ditujukan untuk mengungkap sistem pembinaan keagamaan dalam membangun karakter siswa di SMP PGRI Pulau Salemo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian ini mengungkapkan 1) upaya dalam pembinaan keagaaman siswa di SMP PGRI Pulau Salemo terdapat beberapa bentuk pembinaan keagamaan yaitu diantaranya melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan, pendidikan karakter pemberian nasehat dan motivasi, serta kegiatan ekstrakurikuler 2) penerapan pendidikan karakter di SMP PGRI Pulau Salemo adalah pengenalan nilai-nilai dan penginternalisasian nilai-nilai kedalam tingkah laku siswa sehari-hari melalui proses pembelajaran, baik yang langsung di dalam maupun diluar kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...