JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Bantuan Aplikasi Geogebra untuk Siswa Kelas VIII SMP

Baso Intang Sappaile (Universitas Negeri Makassar)
Ellyas Palalas (Universitas Tompotika Luwuk)
Ova Huzaefah (STKIP Arrahmaniyah)
Nur Fajrin Maulana Yusuf (Universitas Islam Makassar)
MS Viktor Purhanudin (UIN Salatiga)
Joni Wilson Sitopu (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

Peserta didik dituntun untuk memiliki kompetensi berpikir dan berkomunikasi sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja yang kompetitif. baik tuntunan kurikulum dan dapat merancang serta mengimplementasikannya dalam pembelajaran Namun kenyataannya berdasarkan observasi dilapangan, hasil belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai Kriteria Kentuntasan Minimum (KKM). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development). Pada penelitian ini produk yang dihasilkan adalah LKPD berbasis model pembelajaran pendekatan saintifik dan bantuan software geogebra. Penelitian ini mengacu pada penelitian pengembangan yang di kembangkan oleh Branch yaitu model ADDIE, yang terdiri atas lima langkah, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan penilaian ahli materi LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kelayakan LKPD berbasis pendekatan saintifik dengan bantuan software geogebra berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan persentase 90 %, sedangkan ahli materi 92,5%. Respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan mendapatkan persentase 89,16%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...