JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SD Nurul Islam Surabaya

Nabilatul Karimah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Siti Maghfirotun Amin (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Nafiah Nafiah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian. Siswa mengalami kesulitan dalam mengelola perkembangan, bahkan beberapa siswa belum mampu melakukannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode Jarimatika sebagai alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian melalui metode Jarimatika pada siswa Kelas II SD Nurul Islam Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa Kelas II. Data penelitian ini diperoleh dari ketuntasan hasil belajar individu pada Prasiklus sebanyak 7 siswa dengan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 46,66%. Pada Siklus I, terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar individu menjadi 8 siswa dengan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 60%. Sedangkan pada Siklus II terdapat peningkatan lebih lanjut dalam ketuntasan hasil belajar individu menjadi 13 siswa dengan ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode jarimatika berhasil meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian. Indikator kinerja dari data prasiklus hingga Siklus II menunjukkan pencapaian ketuntasan belajar di atas 75%, sehingga tidak diperlukan tindakan pada siklus berikutnya. Penelitian ini memberikan implikasi positif terhadap pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan metode Jarimatika sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap peningkatan materi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...