Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 5 No 2: AGUSTUS (2023)

PENGARUH METODE TEAM GAMES TOURNAMETS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI KALA LANGGENTU KEC. DONGGO KAB. BIMA

Muhammad Agus (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Yahdi (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Andi Halimah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Suarti Suarti (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh metode team games tournaments terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri KalaLanggentu Kec. Donggo Kab. Bima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh 1) Bagaimana hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik sebelum menerapakan metode teamgames tournaments dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri Kala Langgentu Kec. Donggo Kab. Bima tampa menggunakan meteode team games tournaments2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar bahasa Indonesia setelah menggunakan metode team games tournaments dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri KalaLanggentu Kec. Donggo Kab. Bima dengan menggunakan metode team games tournaments 3) Seberapa besar pengaruh metode teams games tournaments dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri Kala Langgentu Kec. Donggo Kab. Bima. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimental desain dan desain penelitian onegrouppretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Kala Langgentu Kec. Donggo Kab. Bima yang berjumlah 21 peserta didik.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebelum penggunaanmetode team games tournaments sebesar 43,57dan rata-rata setelah penggunaan metode team games tournaments 71,58 dengan persentase peningkatan 74,76%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...