Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah: Solusi Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru Ppkn di Dki Jakarta

Muhammad Japar (Universitas Negeri Jakarta)
Nadiroh Nadiroh (Universitas Negeri Jakarta)
Hermanto Hermanto (Universitas Negeri Jakarta)
Dini Nur Fadhillah (Universitas Negeri Jakarta)
Karisdha Pradityana (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan melatih keterampilan menulis karya ilmiah serta mensubmit artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi bagi guru PPKN SMP di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang penulisan karya ilmiah bagi guru PPKN SMP tersebut yaitu dalam bentuk penerimaan materi tentang penulisan karya ilmiah, diskusi, dan bimbingan teknis (bimtek) secara langsung tentang menulis artikel ilmiah dan cara mensubmit dalam jurnal nasional terakreditasi. Adapun peserta dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para guru PPKN SMP di DKI Jakarta sebanyak 30 orang yang tergabung dalam komunitas MGMP guru PPKN SMP DKI Jakarta. Hasil pelatihan penulisan karya ilmiah menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan dan pemahaman peserta dalam memahami tata cara menulis karya ilmiah berupa artikel ilmiah yang disubmit ke jurnal nasional. Keberhasilan tersebut terlihat dari antusias peserta yang sangat baik pada saat pelatihan secara langsung serta adanya beberapa artikel yang sudah siap disubmit ke jurnal nasional terakreditasi. Kata kunci: Pendampingan, Karya Ilmiah, Kompetensi Profesional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Education and Instruction (JOEAI) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu teknologi ...