Jurnal Kreativitas PKM
Vol 6, No 12 (2023): Volume 6 No 12 2023

Komunikasi Efektif Sisbar dalam Handover Anatara Perawat dan Dokter di RS Dustira Cimahi

Asep Badrujamaludin (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Galih Jatnika (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Siti Nurbayanti Awaliyah (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Diki Ardiansyah (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Dwi Hastuti (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Dedi Supriadi (Universitas Jenderal Achmad Yani)
Tria Firza Kumala (Universitas Jenderal Achmad Yani)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

ABSTRAK  Komunikasi Efektif merupakan komunikasi yang penting di tatanan Kesehatan. Komunikasi efektif di RS Dustira juga menggunakan komunikasi SBAR (Situation, Background, Asessments and Recommendation) antara perawat dan dokter. Namun dalam hal aplikasi di lapangan masih ditemukan komunikasi ini belum diaplikasikan secara maksimal. Hal yang terkait diantaranya saat handover masih ditemukan lupa mengemukakan nama dan ruangan saat menelpon atau handover dengan dokter. Pemebrian pelatihan terkait komunikasi efektif dengan metode komunikasi SISBAR, yang merupakan pengembangan dari komunikasi SBAR yang ada di RS Dustira. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengabdian masyarakat dengan memebrikan  penegetahuan terkait komunikasi SISBAR dan pelatihan, role play dan juga workshop aplikasi dari komunikasi SISBAR yang bisa di lakukan dilapangan secara langsung. Pelatihan, workshop dan observasi komunikasi efektif SISBAR dilakukan di 10 Ruangan dan di ikuti oleh 51 orang terdiri dari Kepala Ruangan, CI dan KaTim tiap ruang rawat. Setelah di lakukan pre test dan post test terkait aspek pengetahuan di dapat rata rata pre test 63 dan rata rata post test 80. Selain itu hasil pelatihan dan pendampingan langsung terkait Apliaksi Observasi langsung di lapangan di dapatkan hasil 90. Hasil dari pengabdian masyarakat terkait dengan pelatihan dan workshop Komunikasi efektik SISBAR untuk handover perawat dan dokter lebih efektif dari pada komunikasi SBAR. Penambahan dan pemberian pelatihan terkait Salam dan memeprkenalkan disi saat melakukan handover efektif dengan pemebrian format handover dan juga pendampinganlansgung saat apliaksi di lapangan. Komunikasi SISBAR bisa djadikan dan diaplikasikan langsung dan memeberikan kepercayaan diri perawat saat melakukan handover dengan dokter. Di harapakan peran serta dari managemen Rumah Sakit dalam konsistensi komunikasi efektif SISBAR dan juga pelibatan profesi dokter dalam melihat efektifitas komunikasi SISBAR ini. Kata Kunci: Komunikasi Efektif, SISBAR, Handover, Perawat, Dokter   ABSTRACT  Effective communication is important communication in the health setting. Effective communication at Dustira Hospital uses SBAR (Situation, Background, Assessment, and Recommendation) communication between nurses and doctors. However, in terms of application in the field, it is still found that this communication has not been applied optimally including when handovers are still found forgetting to state the name and ward when calling or handing over with a doctor. Provide training related to effective communication using the SISBAR communication method, which is a development of SBAR communication at Dustira Hospital. The aim of this activity is to provide community service by providing knowledge related to SISBAR communication and training, role play, and workshops on the application of SISBAR communication which can be carried out directly in the field. SISBAR training, workshops, and effective communication observations were conducted in 10 wards and attended by 51 people consisting of the Nursing Unit Managers, Clinical Instructors (CI), and incharge nurse for each wards. After carrying out the pre-test and post-test related to the knowledge aspect, the pre-test and post-test average is 63 and 80 respectively. Furthermore, the results of direct training and mentoring related to direct observation applications in the field were obtained as a result of 90. Effective SISBAR communication for nurse and doctor handovers is more effective than SBAR communication. Addition and provision of training related to Greetings and introducing the elements when carrying out effective handovers by providing handover formats and direct assistance during field applications. SISBAR communication can be made and applied directly, giving nurses confidence when carrying out handovers with doctors. It is hoped that Hospital management has to apply SISBAR Communication consistency and has to participate in the medical profession's involvement in seeing the effectiveness of SISBAR communication. Keywords: Effective Communication, SISBAR, Handover, Nurse, Doctor

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kreativitas

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengaplikasian hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dilakukan pada masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada ...