Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGAJARAN DAN KINERJA GURU

Eny Munisah (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Mirdan Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Ahmad Muktamar (Institut Lamaddukkelleng Sengkang)
Nur Wisma (Universitas Sriwijaya)
Apriani Riyanti (Universitas Binawan Jakarta)
Bernardus Agus Rukiyanto (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Implementasi Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran dan kinerja guru dalam era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak implementasi LMS terhadap kualitas pengajaran dan kinerja guru. Melalui metode studi literatur, berbagai sumber literatur yang relevan dieksplorasi untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang topik ini. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi LMS memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan aksesibilitas dan personalisasi pembelajaran, meningkatkan interaktivitas dan kolaborasi antara guru dan siswa, serta mendukung efisiensi pengelolaan kelas dan pengembangan profesional guru. Namun, tantangan seperti kesiapan infrastruktur teknologi, kompetensi digital guru, dan adaptasi kurikulum masih perlu diatasi untuk mencapai keberhasilan implementasi yang optimal. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan pemerintah berinvestasi dalam infrastruktur teknologi yang memadai dan menyediakan pelatihan berkelanjutan bagi para guru. Selain itu, kurikulum harus disesuaikan untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif, sambil memastikan relevansi dan keakuratan materi ajar. Dengan dukungan yang tepat, implementasi LMS memiliki potensi besar untuk mengubah lanskap pendidikan menuju pendekatan yang lebih adaptif dan inovatif di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...