Penelitian ini dilatarbelakangi tuntutan pembelajaran abad 21 yang mengharuskan peserta didik memiliki keterampilan seperti communication, collaboration, critical thinking and problem solving dan creativity and innovation. Keterampilan tersebut berada dalam tahapan berpikir tingkat tinggi atau yang biasa kita sebut HOTS. Seperti halnya kemampuan berpikir kritis, kreativitas juga sama penting dalam pembelajaran di sekolah. Alat evaluasi yang digunakan harus memperhitungkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang mendorong siswa untuk menggunakan kemampuan HOTS. Alat eveluasi yang digunakan selama ini pada jenjang sekolah dasar masih belum berbasis HOTS, belum mampu mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Sehingga perlunya sebuah inovasi untuk mengembangkan alat evaluasi yang sangat diperlukan dalam penerapan Project Learning berbasis HOTS di SD dengan tujuan: (1) menghasilkan sebuah instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuaan berpikir tingkat tinggi (HOTS), (2) menghasilkan sebuah instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuaan berpikir kritis, (3) menghasilkan sebuah instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuaan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian yang menyatakan bahwa alat evaluasi project learning dapat dijadikan instrumen penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) seperti keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Copyrights © 2023