Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Permainan Kartu Bergambar pada Siswa Kelas 1 SDN Kebonkai

Khoerunnisa Khoerunnisa (Universitas Nusa Putra)
Hernia Safitri (Universitas Nusa Putra)
Siti Rosunah (Universitas Nusa Putra)
Muhammad Lutpi Nursa'bani (Universitas Nusa Putra)
Teofilus Ardian Hopeman (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Kebonkai menggunakan media permainan kartu bergambar dan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yang melibatkan tes membaca, observasi, dan wawancara serta hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca siswa, dengan rata-rata skor tes meningkat dari 50 pada tes awal menjadi 65 setelah siklus pertama, dan mencapai 80 setelah siklus kedua. Media permainan kartu bergambar terbukti efektif dalam menarik minat dan motivasi siswa, serta membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, Kesimpulan ini menunjukkan bahwa media permainan kartu bergambar dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...