Jurnal Jeumpa
Vol 11 No 1 (2024): Jurnal Jeumpa

Validitas Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sel Fase F SMA

Rahmi, Lailatur (Unknown)
Fajrina, Suci (Unknown)
Helendra, Helendra (Unknown)
Rahmi, Fitri Olvia (Unknown)
Rahmi, Yosi Laila (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar dalam kurikulum merdeka yamg wajib disusun secara lengkap dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasikan modul ajar berbasis PBL pada materi sel fase F SMA yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yang dibatasi sampai 3 tahapan, yaitu mendefinisikan (define), desain (design), dan pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di Departemen Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang dan SMAN 1 Batusangkar pada semester genap tahun ajaran 2024/ 2025. Subjek penelitian ini terdiri 5 orang validator serta 178 orang peserta didik SMAN 1 Batusangkar. Data penelitian didapatkan dari observasi, analisis instrumen telaah perangkat pembelajaran dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), angket kebutuhan guru dan peserta didik, dan uji validitas. Kelayakan produk modul ajar diukur berdasarkan hasil validitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan modul ajar sel berbasis PBL fase F SMA dengan nilai validitas rata-rata 95.46%, dengan kriteria sangat valid. Modul ajar yang telah dikembangkan ini diharapkan dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...