Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

Gaya Kepemimpinan Transformasional: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Sengkang

Herlina, Besse (Unknown)
Nurcaya, Nurcaya (Unknown)
Lantong, Muhammad Adri (Unknown)
Ahsari, Dwi Ahmadil (Unknown)
Dai, Herlina (Unknown)
Khatimah, Husnul (Unknown)
Agussalim, Agussalim (Unknown)
Suryaningsih, Suryaningsih (Unknown)
Alam, Jaya (Unknown)
Said, Rahmat (Unknown)
Fitriani, Besse (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Gaya Kepemimpinan Transformasional adalah suatu pendekatan kepemimpinan yang fokus pada pengembangan dan pemberdayaan bawahan melalui inspirasi, motivasi, dan peningkatan kesadaran akan tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Sengkang. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data dilakukan secara kuantitatif/statistik. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi atas analisis deskriptif dan Analisis Regresi Linier Sederhana. Sementara untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan transformasional di SMP Negeri 1 Sengkang dinilai cukup baik, dengan nilai rata-rata 178,41, menunjukkan bahwa kepemimpinan tersebut memberikan dorongan dan keterlibatan yang memadai terhadap guru-guru di sekolah. Analisis regresi linier sederhana menegaskan adanya pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Sengkang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...