Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di UPTD SD Negeri 1 Paduppa

Risnah, Andi (Unknown)
Mansyur, Anriani (Unknown)
Herlina, Besse (Unknown)
Asriani, Besse (Unknown)
Erni, Erni (Unknown)
Lukman, Lukman (Unknown)
Asmini, Asmini (Unknown)
Asmilasari, Asmilasari (Unknown)
Afiah, Andi Ulfah (Unknown)
Mulyati, Mulyati (Unknown)
Nurcaya, Nurcaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Gaya kepemimpinan merujuk pada cara seorang pemimpin mengarahkan, memotivasi, dan memanajemen orang-orang di bawah tanggung jawabnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan di UPTD SD Negeri 1 Paduppa dan bagaimana implikasi dari gaya kepemimpinan tersebut.  Penelitian ini merupakan tipe penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini bertujuan untuk menjelaskan aspek-aspek yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Pencatatan sumber utama dalam penelitian ini melibatkan teknik wawancara atau pengamatan, dan merupakan hasil usaha gabungan dari kegiatan melihat, mendengar, dan bertanya dan digunakan beberapa teknik analisis data, termasuk reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah UPTD SD Negeri 1 Paduppa melibatkan kombinasi tiga pendekatan utama: visioner, demokratis, dan edukatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kombinasi gaya kepemimpinan ini menciptakan lingkungan kerja inklusif, dinamis, dan mendukung pertumbuhan kolektif, dengan fokus pada pencapaian visi dan peningkatan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...