Metode penelitian yang diusulkan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), memberikan kerangka kerja yang efektif untuk menguji dan mengimplementasikan inovasi dalam pembelajaran agama Islam di perguruan tinggi, terutama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. PTK melibatkan identifikasi masalah, perencanaan inovasi, implementasi, pengamatan, refleksi, dan evaluasi berkelanjutan, memungkinkan kolaborasi antara peneliti, dosen, dan mahasiswa. Kajian teori konstruktivisme, pendidikan karakter, dan pembelajaran berbasis masalah mendukung metode ini. Penelitian ini bertujuan mengukur dampak positif terhadap pemahaman, partisipasi, dan penerapan nilai-nilai keislaman pada mahasiswa. Dilaksanakan pada semester ganjil 2023/2024, penelitian melibatkan siswa Kelas Regular C 2023, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kesuksesan penelitian ini diukur oleh perubahan positif dalam karakter mahasiswa, menciptakan generasi yang komprehensif, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Copyrights © 2023