JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Perilaku Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dalam Proses Pembelajaran di Kelas Tinggi SD Negeri Cibodas 1 Kota Tangerang

Nurfadhillah, Septy (Unknown)
Huliatunisa, Yayah (Unknown)
Sawitri, Deswita (Unknown)
Juliasih, Juliasih (Unknown)
Hidayati, Nurul (Unknown)
Sahidah, Nurul (Unknown)
Rismawati, Pipin (Unknown)
Fitri, Resti Deka (Unknown)
Ardani, Roselana (Unknown)
Rahmawati, Septyana (Unknown)
Inayah, Siti Wardatul (Unknown)
Prikustini, Vadlina Putry (Unknown)
Maulida, Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada peserta didik usia Sekolah Dasar (SD), khususnya di kelas IV SD Negeri Cibodas 1 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis perilaku ADHD dalam proses pembelajaran: 1. Perilaku Inatensi: Kesulitan memperhatikan pelajaran, 2. Perilaku Hiperaktif: Tidak bisa diam dan cenderung gelisah, 3. Perilaku Impulsif: Bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Dampak perilaku ADHD mempengaruhi proses pembelajaran, perilaku siswa, dan aspek sosial. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang mengalami ADHD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...