JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa kelas IV MIS Al-Hidayah Namorambe T. A. 2023/2024

Arman, Rachma Al Adawiyah (Unknown)
Simanungkalit, Erlinda (Unknown)
Simbolon, Naeklan (Unknown)
Halimatussakdiah, Halimatussakdiah (Unknown)
Faisal, Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flashcard dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV MIS Al-Hidayah Namorambe. Tujuan lainnya adalah menilai kelayakan dan keefektifan media flashcard yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan proses pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, angket, dan tes. Sebanyak 22 peserta didik kelas IV MIS Al-Hidayah Namorambe menjadi subjek penelitian. Validasi dilakukan oleh ahli materi yang memberikan skor 58 dengan persentase 85%, kategori "sangat layak", dan validator ahli media dengan skor 90, persentase 90%, kategori "sangat layak". Efektivitas media dinilai melalui Pretest dan Posttest. Sebanyak 60,23% siswa tidak mencapai KKM pada Pretest, namun setelah penerapan media flashcard, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 85,00% pada Posttest. Uji coba siswa menunjukkan respon yang sangat positif, dengan skor 1870 dari total 198, atau persentase 98%, kategori "Sangat Layak". Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Flashcard untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV MIS Al-Hidayah Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, T.A 2023/2024, sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...