Penelitian ini berisi tentang kritik sosial dalam naskah drama Ssst Ups karya Bode Riswandi melalui kajian sosiologi sastra dan pemanfaatannya sebagi bahan ajar sastra di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriftif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, catat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah naskah drama Ssst Ups ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan sastra di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa naskah drama Ssst Ups dapat dijadikan sebagaibahan ajar di SMA karena berisi nilai moral yang dapat dapat diambil sebagai pelajaran untuk remaja atau generasi muda. Pemanfaatan naskah drama Ssst Ups karya Bode Riswandi sebagai bahan ajar ini, dapat mengembangkan keterampilan bahasa, keterampilan sosial, serta kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Pemanfaatan naskah drama ini dapat berupa pementasan drama, atau mengaitkan isu dalam naskah dengan mata pembelajaaran lain seperti mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraa, ataupun Ilmu Pengetahuan Sosial.
Copyrights © 2024