Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 5 No 1 (2024): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

ANALISIS PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM KEBUN PROYEK UNTUK LITERASI LINGKUNGAN PADA SEKOLAH PENGGERAK

Meilani, Della (Unknown)
Meilani Alfath, Della (Unknown)
Syarifuddin, Ahmad (Unknown)
Faisal (Unknown)
Tasya Jadidah, Ines (Unknown)
Botty, Midya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan (1) perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak, (2) penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak, (3) faktor yang mempengaruhi penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan cara triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek, ada beberapa tahapan, yaitu: membentuk tim fasilitator projek penguatan profil pelajar pancasila, merancang dimensi, tema projek, dan alokasi waktu, merancang modul proyek, dan menyusun strategi evaluasi dalam hasil proyek. (2) Penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak sudah terlaksana dengan baik melalui beberapa tahapan, yaitu: pertama tahap pengenalan, artinya mengenalkan kepada siswa terkait sampah dan tanaman. Kedua tahap kontekstualisasi, yaitu menghadirkan dunia nyata terkait proyek dengan menggunakan video. Ketiga tahap aksi, artinya aksi nyata pelaksanaan program kebun proyek. Keempat tahap refleksi, guna mengukur hasil belajar siswa, dan kelima tahap umpan balik. (3) Faktor yang mempengaruhi program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak yaitu terdapat faktor pendukung yakni tersedianya lahan sekolah yang luas, adanya semangat dan kemauan dari siswa. Dan juga terdapat faktor penghambat yaitu faktor cuaca yang tidak mendukung, siswa yang takut untuk mencoba, dan pihak orangtua yang kurang memahami tentang program kebun proyek yang diterapkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

limaspgmi

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan ...