Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2024): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Efforts to Improve Understanding of Energy Concepts in Science Subjects through Constructivism Learning Model for Students of Class IV UPT SDN 59 Pinrang

Sukma, Sukma (Unknown)
Aminullah, Aminullah (Unknown)
Setiawan, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model konstruktivisme yang dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam konsep energi siswa kelas IV UPT SDN 59 Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SDN 59 Kabupaten Pinrang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa. Desain penelitian ini meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA konsep energi pada siswa kelas IV UPT SDN 59 Kabupaten Pinrang. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 54,52 dan sedikit mengalami peningkatan pada siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 63,3, setelah dilakukan perbaikan dengan membagi kelompok sesuai hasil belajar siklus I, membagi tugas pada setiap anggota kelompok, memberikan waktu kepada siswa untuk melakukan proses pemahaman konsep energi menggunakan model konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa menjadi 75,24 pada siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...