Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Implementasi Metode Pembelajaran Membaca Syllabic untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Purworejo 02 Geger

Fernanda Fitriani (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)
Melik Budiarti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Membaca di sekolah dasar terbagi menjadi dua, membaca permulaan dan membaca lanjut. Membaca seharusnya sudah dikuasai semenjak kelas 1 sekolah dasar, membaca merupahan hal yang sangat penting fenomena banyaknya siswa yang belum mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajar. Adanya metode syllabic sangat membantu siswa memahami dan mencermati materi yang diberikan oleh guru saat proses pembelajaran berlangsung. Metode ini memberikan peran dalam membantu siswa membaca permulaan khususnya kelas rendah di sekolah dasar, Penelitian ini dilakukan dengan Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dari hasil penelitian ini Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan membaca permulaan dengan metode syllabic. metode membaca syllabic ini meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...