Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 1 (2016)

EFEKTIVITAS RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM MENANGANI STRES AKADEMIK SISWA

Yuli Nurmalasari (1Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung)
Yusi Riksa Yustiana (Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung)
Ilfiandra Ilfiandra (Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2016

Abstract

Siswa yang mengalami stres akademik memiliki persepsi yang maladaptif terhadap tuntutan akademik.Tujuan penelitian mengetahui efektivitas restrukturisasi kognitif dalam menangani stres akademik.Penelitian menggunakan metode pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design.Hasil penelitian: (1) stres akademik siswa sebagian besar termasuk kategori sedang; (2) rancangan intervensi berfokus pada reduksi indikator stres akademik; (3) restrukturisasi kognitif efektif menangani stres akademik.

Copyrights © 2016